INTERDISIPLIN ILMU DAN WISATA EDUKASI KE PULAU BALI SMA NEGERI 1 SLEMAN

by Fajar
today Di posting : 04 Maret 2019
remove_red_eye Di lihat : 44 kali

Pada tanggal 25 Februari – 1 Maret 2019, sebanyak 150 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sleman mengadakan kegiatan study tour ke Pulau Bali. Kegiatan tersebut didampingi oleh 5 orang guru dan 1 orang karyawan SMA Negeri 1 Sleman. Peserta didik dan pendamping berangkat dari sekolah menggunakan bus menuju Pulau Bali pada hari Senin, 25 Februari 2019 pukul 07.30 WIB dan sampai ke Pulau Bali pada hari Selasa, 26 Februari pukul 01.00 WITA.

Pada tahun ini kegiatan study tour SMA Negeri 1 Sleman mengusung tema “Interdisiplin Ilmu dan Wisata Edukasi: Eksplore Agama, Alam, Ekonomi, Budaya, dan Seni di Pulau Bali”. Objek studi yang dieksplore oleh peserta didik adalah Dewata Oleh-Oleh Khas Bali, sedangkan objek wisatanya adalah Danau Beratan Bedugul, Hutan Pala Sangeh, Joger, Pantai Sanur, Mr.Kuta, Pantai Kuta, Pantai Pandawa, GWK, dan Pantai Tanah Lot. Kegiatan study tour tersebut merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan melalui objek, tempat, situasi, dan masyarakat yang tidak didapatkan di dalam kelas. Selain itu, kegiatan study tour juga menumbuhkan karakter dari diri peserta didik yang berupa kebersamaan, kemandirian, kerja sama, serta meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia.

Pada hari kedua, tanggal 26 Februari 2019 pukul 17.30 WITA, peserta didik melakukan kunjungan edukasi ke Dewata Oleh-Oleh Khas Bali. Peserta didik melihat pembuatan pie susu dan kaos sablon khas Bali dilanjutkan dengan presentasi kewirausahaan oleh Kadek Imawati atau Jero Puspitawati, pemilik Dewata Oleh-Oleh Khas Bali. Ibu Fadmiyati, S.Pd., M.Pd., Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sleman ikut mendampingi peserta didik dalam menyaksikan presentasi kewirausahaan tersebut. Dalam kegiatan tersebut, peserta didik belajar mengenai sejarah berdirinya Dewata Oleh-Oleh Khas Bali, bidang-bidang usahanya, dan suka duka yang dialami Kadek Imawati dalam mengembangkan usahanya.

  

Gambar 1 Melihat Pembuatan Pie Susu                  Gambar 2. Presentasi Kewirausahaan

Tak lengkap rasanya study tour ke Bali tanpa mengunjungi GWK Culture Park. Peserta didik melihat mahakarya seniman Bali berupa patung Garuda Wisnu Kencana yang berdiri megah. Masih di lokasi yang sama, peserta study tour juga menyaksikan pertunjukan Tari Kecak di Garuda Wisnu Kencana Amphitheatre pada pukul 18.00 WITA. Tarian tersebut menceritakan tentang perjalanan Sang Garuda yang rela menjadi tunggangan Dewa Wisnu demi Tirta Amerta di sungai untuk mengentaskan sang ibu dari perbudakan.

 

Gambar 3. Foto Bersama di GWK                           Gambar 4. Pertunjukan Tari Kecak

 

Peserta study tour menginap di Hotel Bali Mega selama 3 hari 2 malam. Selama 3 hari mengeksplore objek studi dan objek wisata di Bali, banyak disiplin ilmu yang dipelajari oleh peserta didik. Alhamdulillah, kegiatan ini terlaksana dengan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti. Peserta study tour kembali ke kampus tercinta SMA Negeri 1 Sleman pada hari Jumat, 1 Maret 2019 pukul 03.20 WIB dengan selamat dan sehat.

 

 

Gambar 5. Foto Bersama Kepala Sekolah                  Gambar 6. Foto Bersama di Sangeh