Dalam rangka ikut memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1445H dengan meningkatkan iman dan takwa di lingkungan sekolah, SMAN 1 Sleman melaksanakan kegiatan yaitu Pengajian Idul Adha serta Penyembelihan Hewan Qurban pada Rabu (19/6/2024). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Rohis Al-Kautsar yang diikuti oleh seluruh warga SMAN 1 Sleman. Dalam pelaksanaan Penyembelihan hewan qurban, setiap kelas akan diwakili 2 orang dan Penyembelihan Hewan Qurban ini dilaksanakan berbarengan dengan Pengajian. Pengajian dimulai dengan para siswa hadir ke sekolah pada jam 07.00 WIB dilanjut dengan registrasi dan pengambilan buku literasi.

¬†Setelah itu siswa akan diarahkan ke Sasana Pradiptatama dimana Pengajian akan dilaksanakan yang disambut dengan penampilan Hadroh Al-Fattah. Pengajian diawali dengan pembacaan doa khataman oleh Pak Yualis, S.Ag untuk menutup tadarus setiap pagi yang dilaksanakan siswa SMAN 1 Sleman yang telah dilaksanakan sebelumnya. Selanjutnya dilakukan pembukaan oleh MC Hajid Saifulloh (XI MIPA 5) untuk membuka kegiatan Pengajian Idul Adha dengan tetap tertib. Kemudian dilanjutkan Pembacaan Tilawatil Qur’an oleh Yogi Ferry Pratama (XF) dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala SMAN 1 Sleman Ibu Fadmiyati, S.Pd, M.pd. dan kemudian masuk ke acara inti yaitu tausiah oleh Ustadz H. Sahrin, S.Sos.I .

Tausiah yang dibawa oleh Ustadz H. Sahrin, S.Sos.I mengambil tema yaitu “Qurban”. Isi dari tausiah tersebut ialah mengisahkan dimana asal mula manusia melaksanakan Qurban ternyata sudah dimulai sejak Nabi Adam lalu dilanjut dengan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Tausiah ditutup dengan pembacaan doa dan akhirnya penutupan oleh MC. Tidak berhenti sampai disitu saja, pelaksanaan Pengajian Idul Adha dilanjut dengan pembagian kado silang serta pemberian pesan kesan selama satu tahun ajaran untuk meningkatkan hubungan silaturahmi.

Bagi peserta didik yang mewakili kelas untuk melaksanakan penyembelihan hewan Qurban beserta bapak ibu guru yang lainnya dibagi menjadi 2 tempat, yaitu tempat pertama mengikuti penimbangan dan memotong hewan qurban didepan masjid Baitul ilmi, dan tempat kedua yaitu bagian memasak di kantin. Hasil daging dari penyembelihan hewan Qurban dibagikan kepada masing-masing kelas untuk makan bersama, beberapa siswa yang kurang mampu, warga sekitar, dan anggota Rohis Al-Kautsar. Setelah seluruh proses penyembelihan hewan kurban telah selesai, guru dan staf karyawan SMAN 1 Sleman serta seluruh panitia makan bersama di Sasana Pradiptatama dengan daging dari sodaqoh bapak ibu guru karyawan.

Diharapkan dengan adanya Pengajian Idul Adha dan latihan Penyembelihan Hewan Qurban, seluruh keluarga SMAN 1 Sleman terutama para peserta didik, merasakan kenikmatan dalam berbagi dan kebersamaan serta rasa syukur atas segala karunia yang diberikan Allah Swt.