Untuk memenuhi salah satu syarat PTM (Pembelajaran Tatap Muka) dapat diselenggarakan, pada hari Kamis, 9 September 2021 sejumlah 451 siswa SMA N 1 Sleman mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis 2 di Hotel Alana, Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7, Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Kegiatan vaksinasi terwujud atas kerja sama antara Kodim 0732 Sleman dengan Dinas Kesehatan Sleman bersama Hotel Alana dan pihak sekolah sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan teratur dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis 2 untuk siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Sleman ini dilaksanakan mulai pukul 08.00-10.00. Program vaksinasi ini menjadi syarat pendukung untuk melakukan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) secara terbatas. PTM yang besiko besar terinfeksi virus Covid-19 menjadi dasar pertimbangan. Kementrian pendidikan pun mengambil keputusan untuk memberikan vaksin sinovac lengkap kepada warga sekolah serta memberi izin PTM pada sekolah yang wilayahnya masuk dalam PPKM level 1-3 sehingga diusahakan semua siswa sudah mendapat vaksin dosis kedua yang bertujuan untuk menunjang keselamatan warga sekolah dalam pelaksanaan PTM terbatas.

Proses vaksinasi kali ini cenderung lebih kondusif dibandingkan dengan dosis pertama pada 12 Agustus 2021 lalu. Mulai dari siswa diarahkan untuk mengisi daftar hadir, dilanjutkan pengecekan tensi serta suhu badan, kemudian mengisi form screening sampai dilakukan penyuntikan vaksin semua dilaksanakan dengan tertib dan teratur sehingga tidak menimbulkan banyak kerumunan.

Tahapan vaksinasi diawali dengan pengisian daftar hadir dan pembagian minuman sari kacang hijau oleh petugas dari sekolah di meja yang telah disediakan. Kemudian, siswa diarahkan untuk mengisi bangku kosong sembari menunggu giliran masuk ke ruangan screening. Ruang screening dan vaksinasi berada di sebelah kanan tempat pengisian daftar hadir. Terdapat beberapa meja petugas yang disiapkan untuk para peserta yang akan melakukan pengecekan suhu, tensi, dan pengisian form screnning. Siswa yang memenuhi syarat akan diarahkan oleh petugas untuk menuju tempat vaksinasi untuk proses vaksin dan dilanjut dengan proses observasi selama 15 menit. Jika selama 15 menit setelah disuntik vaksin tidak terdapat keluhan, siswa sudah diperbolehkan pulang, tetapi bila terdapat keluhan diharap lapor pada petugas yang ada.

“Takut sih, tegang juga. Tapi kebayar dengan bisa diadakannya pembelajaran tatap muka. By the way, sari kacang ijo nya enak. Gratis lagi hihi. Pokoknya vaksin kedua mantep deh!” Ucap¬† Najwa Aulia, salah satu siswa SMA Negeri 1 Sleman saat diwawancarai oleh tim jurnalistik SMA Negeri 1 Sleman perihal perasaannya setelah vaksinasi.

SMA Negeri 1 Sleman melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang dimulai pada Senin, 13 September 2021. Diharapkan dengan vaksinasi ini, pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan aman