A.    VISI SATUAN PENDIDIKAN

Perumusan visi SMAN 1 Sleman dikembangkan oleh tim pengembang kurikulum telah disetujui dalam rapat yang dihadiri oleh dewan guru, karyawan, dan komite sekolah.

Visi SMAN 1 Sleman adalah:

“Terwujudnya Generasi Berakhlak mulia, berprestasi, inovatif, berbudaya, dan berwawasan lingkungan menuju sekolah damai”

 Indikator Pencapaian Visi:

Berakhlak mulia dengan indikator:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila
  3. Mengimplentasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

 Berprestasi dengan indikator:

  1. Terwujudnya prestasi bidang akademik dan nonakademik
  2. Meningkatnya peringkat sekolah dalam pencapaian nilai UTBK dan siswa masuk ke Perguruan Tinggi.
  3. Tercapainya persentase lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi yaitu 95%
  4. Meningkatnya mutu pendidikan berdasarkan hasil rapor pendidikan
  5. Meningkatnya indeks kepercayaan masyarakat dan perguruan tinggi terhadap sekolah
  6. Meningkatnya kemampuan warga sekolah dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris

 Inovatif dengan indikator:

  1. Menghasilkan generasi merdeka berprakarsa dan berkarya yang terbarukan dengan memanfaatkan teknologi modern
  2. Pengembangan strategi baru dalam implementasi gerakan sekolah menyenangkan
  3. Mengembangkan sekolah berbasis IT

 Berbudaya dengan indikator:

  1. Memiliki rasa handarbeni terhadap budaya yogyakarta
  2. Mengimplementasi trilogi filosofi budaya Yogyakarta (Sangkan Paraning Dumadi, Manunggaling Kawula Gusti dan Hamemayu Hayuning Bawana)
  3. Mengimplementasikan nilai-nilai budaya Yogyakarta.
  4. Mengimplementasikan filosofi LESUNG (Lantip ing Pamawas, Eling lan waspada, Sayuk Rukun, Unggah Ungguh, Nengenaken Kautaman, Greget lan Makarya)
  5. Mengimplementasikan gerakan NGAJENI (Ngapurancang, Jempol, Ndherek Langkung, Nuwun, Inggih)
  6. Mengakar pada kearifan budaya lokal, nasional, dan berwawasan global

 Berwawasan Lingkungan dengan indikator:

  1. Memiliki budaya bersih dan peduli lingkungan
  2. Memiliki perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran terintegrasi dengan lingkungan
  3. Memiliki keterampilan pengelolaan dan pengolahan sampah organik dan anorganik
  4. Memiliki sarana dan prasarana yang ramah lingkungan
  5. Memiliki keterampilan mitigasi bencana

 Menuju Sekolah Damai dengan indikator:

  1. Terciptanya budaya sekolah (school culture) yang menghargai kebhinekaan
  2. Terciptanya kondisi proses pembelajaran yang aman, nyaman, dan bebas dari perundungan
  3. Terbangunnya sistem pendidikan berbasis kesehatan mental

 

B.     MISI SATUAN PENDIDIKAN

Perumusan misi SMAN 1 Sleman merupakan penjabaran operasional untuk mencapai visi sekolah dan dikembangkan oleh tim pengembang kurikulum telah disetujui dalam rapat yang dihadiri oleh dewan guru, karyawan, dan komite sekolah.

Misi SMAN 1 Sleman adalah :

  1. Melaksanakan kegiatan keagamaan secara rutin sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing.
  2. Mengimplementasikan nilai-nilai imtaq dalam pembelajaran sehingga tercermin dalam perilaku sehari-hari.
  3. Memiliki dan mengembangkan sarana ibadah yang representatif.
  4. Melaksanakan pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi.
  5. Menyelenggarakan pendidikan, bimbingan, dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya pendidik secara berkesinambungan.
  6. Menyelenggarakan bimbingan dan pelatihan lomba-lomba akademik dan nonakademik di tingkat Nasional dan Internasional.
  7. Menyelenggarakan inovasi projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, hasil pembelajaran, ekstrakurikuler, dan kegiatan peserta didik di luar program tersebut.
  8. Menyelenggarakan bimbingan dan try out UTBK untuk mempersiapkan peserta didik masuk ke perguruan tinggi (PT).
  9. Melaksanakan bimbingan dan pelatihan Bahasa Inggris.
  10. Melaksanakan pembelajaran terdiferensiasi, kolaboratif, dan pendekatan STEAM dengan berbagai model pembelajaran yang berpusat pada siswa berbasis literasi dan numerasi.
  11. Melaksanakan pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler
  12. Mempublikasikan kegiatan sekolah melalui berbagai media.
  13. Melaksanakan gerakan sekolah menyenangkan dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif baik fisik maupun non fisik.
  14. Menyelenggarakan sekolah model Pendidikan khas Kejogjaan secara terintegrasi dan melestarikan budaya Yogyakarta.
  15. Menyelenggarakan MPLS, Latihan Dasar Kepemimpianan, dan Achievement Motivation Training (AMT) sebagai pembentukan sifat sawiji, greget, sengguh ora mingkuh, dan semangat golong gilig.
  16. Mengimplementasikan filosofi LESUNG (Lantip ing pamawas, Eling lan Waspada, Sayuk Rukun, Unggah-Ungguh, Nengenaken Kautaman, Greget lan Makaryo) dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.
  17. Mengimplementasikan gerakan NGAJENI (Ngapurancan, Jempol, Nderek Langkung, Nuwunsewu, Maturnuwun, Nggih) dalam kehidupan sehari-hari.
  18. Menyelenggarakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
  19. Melaksanakan program sekolah adiwiyata.
  20. Melaksanakan program sekolah siaga bencana.
  21. Membangun sistem pendidikan berbasis kesehatan mental bagi seluruh warga sekolah.

Misi sekolah akan dicapai pada tahun pelajaran 2024-2028.